Senin, 12 November 2012

Tarik tunai ATM, saldo ter debet tanpa keluar uang


Untuk kedua kalinya saya mengalami saldo terdebet di mesin ATM namun uang tidak keluar.
Kejadian pertama dulu di ATM BNI yang bertuliskan logo ATM Bersama, karena kebetulan kartu ATM saya bukan dari Bank terkenal.
Untuk kali kedua hal yang sama terulang kali ini ATM Bank Tabungan Negara (BTN). Ceritanya saya mau tarik tunai Rp. 1.000.000,-  namun setelah menunggu lebih dari 3 menit uang tidak keluar, resi tidak keluar dan kartu ATM pun tidak keluar, di layar ATM hanya tertulis silakan ambil uangnya.
Waduh panik karena tidak ada yang keluar dari mesin ATM itu, akhirnya saya telepon Customer Service BTN. Belum selesai menceritakan masalahnya, Alhamdulillah kartu ATM sudah keluar meskipun uang tidak keluar.
Tapi tunggu dulu setelah di cek saldo ternyata  berkurang satu juta rupiah...glekkk.
Sedangkan hari ini Minggu malam pula... Jika hal seperti ini menimpa salah satu dari anda yang perlu dilakukan adalah :

1. Catat waktu dan lokasi terdebetnya uang anda.  Jangan sampai lupa ya...
2. Persiapkan Kartu ATM dan Buku Tabungan
3. KTP
4. Segera hubungi Kantor Bank terdekat sesuai dengan rekening bank anda ( bukan Bank ATM dimana saldo anda terdebet ya... )

Setelah sampai di kantor Bank, akan dicek transaksinya jika terdapat kesesuaian laporan anda dengan transaksi di saldo rekening anda, maka akan diminta mengisi Formulir Pengaduan Nasabah yang berisi kronologis peristiwa dan solusi yang diharapkan.

Biasanya uang akan dikembalikan ke rekening paling lambat 14 hari kerja semenjak pengaduan, Ingat ya 14 hari kerja bukan 14 hari kalender....
Semoga benar ya tidak molor.....

Mudah - mudahan tidak kejadian ini tidak menimpa kalian!

19 komentar:

  1. sya juga ngalamin 1 bulan yang lalu ,,,
    pas mau ambil uang di atm nunggu sampai 3 menit tapi uang g kluar, kartu atm langsung keluar tapi d layar atm muncul tulisan "transaksi gagal".
    setelah itu saya ambil ke atm yang ada di luar kantor, pas saya cek sepertinya saldo terdebet 2x.
    untuk lebih jelasnya, hari senin saya cetak tabungan dan ternyata benar saldo rekening saya terdebet 2x.
    saya langsung melakukan pengaduan dan mengisi form. kata CS saya harus nunggu 14 hari kerja.
    tercatat dari 10 desember 2012 sampai 7 januari 2013 uang belum balik ke rekening.
    setelah saya konfirmasi lagi katanya di "sistem transaksi berjalan normal", lah tapi saya sama sekali ga nerima uang karena uangnya ga keluar dari atm.
    Alhasil saya sudah males, sampe bilang
    saya : "udah mas ga usah lanjut ja".
    CS : "gpp ibu, kalo memang ibu merasa uang memang ga keluar d lanjuut saja.soalnya pernah juga ada kejadian seperti ini".
    Saya : "oh gitu, yasudah kalau gitu"
    CS : "iya ibu, jadi maap ibu harus menunggu 14 hari kerja lagi. Maap atas ketidaknyamanannya. Trima kasih ibu"
    Saya : "ya sama2".

    hufh.... begitulah pengalaman saya

    BalasHapus
  2. harusnya pelayanan ini g terjadi.klo saya jg di bank btn.waktu tgl 29 des 2012,cek saldo g bisa hanya kartu atm yg keluar setelah 3mnt menunggu informasi saldo,lalu aq kmbli masukkan kat atm ke dua kalinya bgt jg.dan yg ketiga kalinya saya langsung enter 1.500.000 tarik tunai,tp uang g kluar jg,hanya kartu atm yg kluar.struk jg g kluar.tpsetelah dicetak ternyata terpotong 1,5 juta.payahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nasib kita ternyata sama.... baru 14 hari kerja dikembalikan. tks dah share disini

      Hapus
  3. waduh hal tersebut ternyata menimpa saya juga, hari gajian harusnya bisa memberi istri uang belanja eh malah sebaliknya.... kejadian tgl 1 maret 2013 waktu ambil uang di atm bersama BTN, sedangkan punya saya atm bank Jatim awalnya normal2 saja sampai tahap sedang proses kok agak lama ...?? lah mulai curiga. ternyata muncul silahkan ambil kartu ...???? (dalam hati)trus mana uangnya...? saya coba lagi ternyata sama, langsung lari ke ATM Lain milik BRI waktu ambil loh terkejutnya saldo tidak mencukupi ternyata sudah terpotong 1.5 jt waduh bingung.. trus meluncur langsung ke bank atm saya(bank jatim) dan mengisi form yg disediakan, katanya suruh nunggu kira2 3 minggu, mudah2an uang bisa kembali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya 14 hari kerja ya..mudah2an uangnya kembali

      Hapus
  4. sama . . aku barusan mengalaminya . . . awalnya aku ngambil uang 1jt . . . au tunggu lamakok g keluar, yg eluar malah kartunya. kirain karena saldoq g cukup.. trus aku ulang lagi ngambil 800rb, dan hasilnya sama. aku ulangi lagi ngambil 500 rb . . ey tetep g keluar, karena penasaran aq liat saldoq , daan ternyata masih bisa d ambil untuk nominal segitu. aku coba lgi ngambil 500 lg, eye tetep aja . akhirnya aku urungin niat buat ngambil uang. karena penasaran sampai di rumah aku googling tentaNG "terdebet" . . akhirnya nemuin artikel ini . . . btw beneran ilang ya uang nya ?

    BalasHapus
  5. Sama...sy baru mengalami hal yang sama, rencana mau tarik tunai di atm bni(atm sy bca) mau ambil 300rb, tp stlh nunggu lama,duit ngak keluar2...tp dilayar tertulis "waktu transaksi anda telah berakhir" dan ditanya apakah mau melakukan transaksi lg atau tidak? Akhirnya sy ngak jd ambil...dan sy iseng2 cek saldo dengan m-banking...dan ternyata saldo sy berkurang 300rb...sy kaget...dan akhirnya telp halo bca dan melaporkan hak tsb...katanya akan di proses pelaporannya...maksimal 12hari kerja sdh ada hasilnya...semoga aja ngak hilang...hufh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Repot sekali kalo liburan seperti ini...bank juga libur pastinya 12 hari kerja semakin lama..semoga uangnya bisa kembali

      Hapus
  6. Pengalaman ane gini Ane pas udah tarik tunai 1,3jt uang udah keluar... eehh ada sms saya bales duluu deh... hmm kira2 10detik ehhh uang masuk lagi ke atm busetttt... pertama kaga panik,....mulai panik pas struk atm keluar...wahh????? mungkin saldo masuk lagi kali yaa...hmm... pas santainya ngecek saldo eehhh muke gilee saldo gue 18rb lagi PANIK deh gue... bingung banget... langsung deh kaya orang kesetanan naik motor cari cabang bank BJB terdekat... udah sih bikin surat laporan.. tngl nunggu hasil 10 hari kerja... moga duit balik lagi ueeyy... duit satu2nya buat modal usaha tuh.. susah ngumpulin segitu... hehehe... jadi intinya kalau ada yang narik tunai d atm harus d ambil langsung uang nya... jangan didiemin... kayanya 10detik langsung masuk lagi tuh uang. thanks gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius mas? Ada beberapa kejadian yg saya baca memang kalau terlalu lama entah dalam hitungan berapa detik, uang akan masuk kembali dan sukses terdebet tapi saya belum bisa banyak kumen karena Alhamdulillah belum pernah mengalami, wah semoga kalau cara kerja mesin ATM seperti itu bisa jadi informasi buat kita semua, tks sudah sharing infonya.

      Hapus
  7. Sya narik d atm BNI tgl 9 Juni 2013 tepatx hri ahad tuh klo gk salah, narikx diwakilin ma kaka...pas mau narik uang 1jt, uangx brlum keluar eh mesin atm.x tiba2 mati lampu x_x10mnit kmudian nyla lgi mesin atm.x tpi krtu atm tdk kunjung keluar X_X alias tertelen :'( so, besokx sy buat pengajuan k bank tabungan sy yaitu bank BPD yah...pihak CSO BPD buatin krtu atm bru n ngisi formulir peengaduan...tpi subhanallah, sampe skrg 7 Oktober 2013 tuh duit belum balik k rekeningku, CSO BPD selalu beralasan hal ini dikarenakan pihsk bank BNI (t4 atmku tertelan) yg prosesx lama krn harus laporan k pihak jakarta....tiap saat gue bolak balik k BPD tpi alasanx cm itulah inilah....tolong solusix dunk gan :'( pusing nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya prosedurnya, mengisi form seperti berita acara yaitu form pengaduan nasabah, prosesnya biasanya 14 hari kerja, jangan lupa minta nomor telp Customer Servicenya biar tidak bolak balik mendatangi bank. Semoga duitnya cepat kembali ya

      Hapus
  8. entah ada apa dengan BTN - saya juga mengalaminya hal yang sama di BTN Kuningan Rasuna Said - Penarikan 1 juta , dilayar monitor tertera transaksi gagal, tanpa keluar struk, tetiba cek saldo sudah berkurang 1 juta,

    BalasHapus
  9. waduh barusan aku juga mngalami nya pas mau narik uang udah d tulis jumlah nya kok lma bngt kta ku dlm hati ..akhir nya ada tulisan ''maaf transaksi anda tidak bisa di proses " trus ku cek saldo nya ternyata berkurang..smpt kaget juga tp besok mau coba mngadu k bank mudah2an uang ku kmbali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga cepat kembali, jangan lupa catat tanggal dan waktunya serta lokasinya, untuk memudahkan dalam mengisi form pengaduan nasabah

      Hapus
  10. Pertanyaannya... koq bs yaa mereka biarkan hal itu terus2an terjadi...
    Kalo rusak tutup ajaa atmnya, drpd merugikan costumer... rugi waktu, dll...

    BalasHapus
  11. Gue barusan ng alami kejadian serupa sama Rachmat... uang sama struknya udah keluar (jelas udah terdebet lah).. gara2 sibuk dgn handphone , tiba2 skitar stengah menit nggak diambil uangnya masuk lagi. Buusett dah..

    BalasHapus
  12. Wahhh,, nasib kita semua disini sama ya?? nihh sy jg barusan ngalamin.
    Pas narik jawab tlpn bentar, ehh,, uang yg udah keluar td masuk kembali ke dalam ATM BRI.
    Sial dehh nasib saya.. mana dah tengah malam ky gini lagi..
    Tp besok pagi sy mau ke kantor Banknya..
    Mudah2n ada respon yg baik dari CS nya.

    Huuffff..!!!

    BalasHapus
  13. aku juga kayak gtu,,aku ambil uang ku d atm ,,,
    lah tak tunggu lama tapi uang ga muncul,,tapi saldonya juga berkurang,,aku jadine panik dan bingung

    BalasHapus